Aksesoris Penting Dalam Videografi Menggunakan DSLR (Stabilizer dan Microphone) - Teknologi Ari

Breaking

Random Posts

Tuesday, 24 March 2015

Aksesoris Penting Dalam Videografi Menggunakan DSLR (Stabilizer dan Microphone)



Sekarang, sudah banyak sekali videografer yang menggunakan kamera DSLR sebagai perekam, karena kamera DSLR menghasilkan fokus yang sangat tajam (Bokeh). Tetapi, untuk menghasilkan video yang stabil dan suara diperlukan beberapa aksesoris tambahan, ini dia :

Untuk menjaga kestabilan video, beberapa kamera lensa kamera DSLR dilengkapi dengan fitur VR, IR dan sebagainya yang fungsinya untuk mengurangi goncangan dalam merekam video, tetapi fitur yang terdapat dalam beberapa lensa tersebut tidak dapat menghasilkan gambar yang sangat stabil. Untuk menghasilkan gambar yang sangat stabil kita memerlukan STABILIZER, berikut adalah jenis jenis stabilizer :

1. Tripod

Kita mulai dari peralatan yang satu ini.Tripod sangat sering sekali digunakan, baik dalam hal fotografi maupun videografi. Tripod ada 2 macam kepala yaitu Ballhead dan Panfluid Head, untuk videografi sangat dianjurkan untuk menggunakan Tripod yang berkepala Panfluid.
Tipod berfungsi untuk menopang kamera dan memutar arah kamera dalam posisi yang sangat stabil, kekurangan dari tripod dalam videografi adalah, Tripod tidak bisa dibawa jalan-jalan tidak seperti Flycam, Glidecam dan sebagainya







2. Monopod

Monopod juga sering sekali digunakan dalam videografi maupun fotografi. Hampir seperti Tripod bedanya adalah, sesuai namanya Tri berarti 3, jadi Tripod mempunyai 3 kaki yang berfungsi untuk menopang kamera, sedangkan Mono artinya 1, jadi Monopod hanya mempunyai 1 kaki untuk menopang kamera. Dalam fotografi Monopod sering digunakan untuk memotret pemain sepak bola, memotret burung










3. Jib Crane

Alat ini juga termasuk sebuah stabilizer, fungsi dari Jib Crane adalah menggerakkan kamera ke atas dan ke bawah dengan sangat halus (smooth). Cara menggunakannya adalah kamera diletakkan pada ujung Crane, di mana ujung Crane teradapat sebuah tempat khusus untuk kamera DSLR. Kemudian Crane kita pasang di tripod. Crane bisa digerakkan naik turun kiri kanan dan arah kamera bisa menghadap atas dan bawah yang bisa dikendalikan dari belakang


4. Slider

Slider berfungsi untuk menggerakkan kamera dari kiri ke kanan. Biasa digunakan merekam orang berjalan dari samping dengan sangat halus. Slider bisa diletakkan di tripod ataupun tidak, sesuai dengan ketinggian yang diinginkan.

5. Flycam, Glidecam, Steadicam
Pernah menonton film  dengan adegan berlari? Mengapa hasilnya sangat halus (tidak goyang-goyang)? Karena cameramannya menggunakan salah satu dari ketiga alat ini nih. "Flycam, Glidecam, Stadicam". Ketiga ini tidak memiliki banyak perbedaan. Kelebihan dari ketiga benda ini adalah, merekam gambar sangat stabil dan bisa dibawa jalan-jalan. Bahkan ada aksesoris lagi untuk melengkapi stabilizer ini yang disebut Arm & Vest. Untuk seri Flycam dan Glidecam kita akan diberikan pegangan yang bisa diputar ke 3 arah, yaitu, atas bawah, kiri kanan (360 derajat), dan berputar kanan kiri secara vertikal (maaf, saya kurang bisa menjelaskannya).Untuk melihat demonya silahkan cari di Youtube. Langsung saja ini fotonya (Glidecam, Steadicam, Flycam)


Dan sekarang kita masuk ke masalah kedua yaitu suara. Kamera DSLR sekarang kebanyakan sudah dibekali dengan fitur yang namanya Built-in Microphone, fungsinya memang sama yaitu untuk merekam suara, tetapi kualitas suara Built-in Microphone sangat berbeda jauh dengan Microphone External. Microphone pun dibagi 2 yaitu Microphone wireless dan Microphone dengan kabel.

Microphone dengan kabel adalah Microphone yang harus disambungkan dengan kabel baru bisa merekam suara seperti Microphone merek Rode. Microphone Rode memang terkenal sangat bagus tetapi kekurangannya adalah Microphone ini sangat mahal.


Microphone Wireless adalah Microphone yang bisa digunakan tanpa kabel. Tentunya ada menggunakan pemancar dan penerima


Bagi yang ingin membeli Microphone dengan budget yang murah, saya sarankan merek yang satu ini.

Kenwood KW-321

Microphone yang satu harganya jauh lebih murah yaitu kurang dari 500rb. Saya sendiri juga menggunakan microphone ini. Microphone ini juga dilengkapi dengan 2 mode yaitu mode Tele dan Normal. Suara yang dihasilkan pun sangat baik sekali. Ketika membeli microphone ini kalian akan mendapatkan :
- 1 unit Microphone
- 1 kabel Microphone pendek
- 1 kabel Microphone panjang (5M)
- 1 penyangga Microphone yang bisa dipasang di hot shoe kamera ataupun di tripod, monopod
- 1 peredam

Untuk menggunakan microphone ini diperlukan baterai AA
Ini recommended Sellernya : dari Kaskus (saya beli dari dia) http://www.kaskus.co.id/profile/3183222




Ada juga aksesoris dari microphone yaitu Boom Pole, untuk melihat apa itu Boom Pole silahkan cek di google, dan ingat harganya ga tanggung loh. Tapi kita bisa mengganti posisi Boom Pole yang mahal dengan yang lebih murah yaitu menggunakan MONOPOD.

Demikian Info Aksesoris Penting Dalam Videografi, terima kasih
jangan lupa berkunjung lagi